Minggu, 13 Maret 2011

Objek Wisata Curug Silawe

 Satu lagi objek wisata air terjun yang dimiliki kabupaten Magelang berlokasi di daerah kopeng kaliangkrik, Curug Silawe namanya. [sejarah dan asal usulnya menyusul....]
 
Objek wisata ini telah dikelola oleh pemda dan masyarakat setempat. Pemda mendapat pemasukan sebesar 40% dari total penjualan tiket masuk. Harga tiket masuk sebesar Rp.2000,00 serta parkir sepeda motor sebesar Rp.1000,00 saya kira tidak cukup mahal dibanding dengan keindahan alam dan air terjun yang didapatkan disana. Jarak yang ditempuh dari pintu masuk menuju air terjun pun tidak begitu jauh hanya sekitar 100 meter. Keamanan serta kenyamanan menuju air terjun pun dijamin karena telah dibangun jalan setapak dan pembatasnya. Namun yang masih sulit untuk ditangani adalah banyaknya sampah yang berserakan karena kurang sadarnya pengunjung untuk membuang sampah serta kurangnya fasilitas tempat sampah di tempat tersebut.
 
Daerah yang merupakan perbatasan antara Magelang dan Wonosobo ini mempunyai udara yang sejuk karena berada di daerah pegunungan. Di kanan kiri kita dapat melihat pemandangan pohon cemara yang tertata rapi serta tumbuhan perkebunan yang ditanam oleh penduduk sekitar seperti cabai, tembakau dan sayur-sayuran lainnya. Sayangnya pemandangan itu pun hanya bisa terlihat sampai jam 4 sore, karena setelah itu kabut tebal dan dingin pun mulai menyelimuti daerah tersebut. Masyarakat desa bangsri juga sering menggunakan daerah sekitar curug silawe untuk daerah perkemahan serta outbund. Jika anda berkunjung pada musim-musim tahun ajaran baru, anda akan banyak melihat siswa maupun mahasiswa yang mengadakan kegiatan disana.
Ketika saya tanyakan kepada pengelola, yang sering melakukan kegiatan di curug silawe adalah mahasiswa Muskom IMM Universitas Muhammadiyah Magelang. Mereka rutin melakukan bakti sosial di desa sekitar curug silawe dan outbound yang ditujukan untuk melatih softskills anggotanya.
Jadi curug silawe dapat menjadi alternatif untuk mencoba objek wisata lain di kabupaten Magelang. Dan tentu saja jika anda berwisata ke tempat ini jangan lupa untuk memakai pakaian yang tebal karena udara yang cukup dingin serta jangan lupa untuk membawa kantong plastik yang dapat berguna untuk tempat sampah daripada anda harus membuang sampah secara sembarangan. Tulisan ini merupakan suatu wujud unutk tercapainya visit Magelang 2011.

Source : http://kukuhsetyawan.wordpress.com/2010/08/25/objek-wisata-curug-silawe/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar