Senin, 14 Maret 2011

Museum Bumi Putera 1912

Museum asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 merupakan museum Asuransi pertama di Indonesia. Terletak di Jalan Jenderal A. Yani No. 21 Magelang. Di dalam museum ini dipamerkan berbagai dokumen lama, mulai periode 112, foto-foto penting, dan peralatan kantor sederhana yang digunakan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 pada masa yang silam. Maksud dari pendirian Museum ini adalah sebagai upaya untuk melestarikan gagasan, cita-cita dan karya para perintis berdirinya AJB Bumiputera 1912 yang merupakan penjabaran dari Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan Boedi Oetomo, di bidang Kesejahteraan. Dengan melestarikan gagasan, cita-cita dan karya para pendiri Bumiputera itu, diharapkan para generasi penerus akan melestarikan tradisi pengabdian dengan semangat yang tak padam untuk meneruskan perjuangan mereka yang telah dibaktikan dengan penuh kesadaraan, keikhlasan, dan pengorbanan. Dengan menyimak sejarah Bumiputera ini, wisatawan akan lebih menyongsong hari esok, dan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan karya para Pahlawannya. 

Museum Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 di resmikan oleh Walikota Magelang Drs. Bagus Panuntun pada hari Senin tanggal 20 Mei 1985, bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang tahun ke 17 Pergerakan Kebangkitan Nasional. Bangunan gedung museum ini adalah bangunan seni budaya tradisional Indonesia dengan bentuk bangunan khas Jawa Tengah, yaitu Joglo beratap tiga. Di depan Museum berdiri dengan gagah patung para pendiri AJB Bumiputera 1912.

Koleksi
Koleksi Museum Bumiputera 1912 berupa, Foto pendiri, Dokumen surat-surat, Mesin ketik, Mesin hitung, Mesin cetak, Buku-buku ilmiah, Mata uang kertas, Foto-foto Kan-Cab, Buku-buku panduan/budaya dll, Patung pendiri, Patung Darupala, Foto-foto pahlawan.
Lokasi Museum
Jalan Jend. A. Yani No.21, Magelang 56117
Telp. 0293-362610, Fax. 0293-363280
Transportasi
Jarak tempuh dari Bandar udara : 42 Km
Jarak tempuh dari Pelabuhan Laut : 75 Km
Jarak tempuh dari Terminal Bus : 2 Km
Jarak tempuh dari Stasiun KA : 42 Km
Jadwal Kunjung
Senin s/d Jum'at : 08.00 s/d 16.30
Sabtu - Minggu : tutup
Harga Karcis
Tidak dipungut biaya
Fasilitas
Luas Tanah / Luas Bangunan : 500 m2 / 200 m2
- Ruang Pameran Tetap
- Ruang Auditorium
- Ruang Perpustakaan
- Ruang Administrasi
- Ruang Mushola
- Toilet
Organisasi
Jumlah Pegawai 2 orang
- Tenaga Fungsional : 1 orang
- Cleaning Service : 1 orang
Program Museum
Ceramah, Workshop, Penyuluhan, Lomba/Festifal.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ZoryBux - We Made A Lot Of Changes!